Strategi Beradaptasi dengan Lingkungan Baru


Dalam hidup ini kita tidak akan berdiam diri di satu lingkungan saja. Kita akan selalu berpindah dari satu lingkungan ke lingkungan lainnya. Sehingga adaptasi atau pembiasaan mutlak diperlukan. Bahkan, saat waktu kita masih kecil dulu kita pun telah melakukannya. Coba ingat! Saat kita beradaptasi dengan teman masa kecil di dekat rumah, teman TK, teman SD, dan seterusnya. Tapi terkadang kita juga gagal dalam beradaptasi sehingga kita seperti ditolak di lingkungan tersebut. Huuu... sedihnya.

Akan tetapi, kasus yang sering terjadi biasanya hanyalah sulit beradaptasi di masa-masa awal. Menilik dari kultur bangsa kita yang sebenarnya toleran. Untuk itu, kita harus punya strategi agar masa-masa adaptasi itu menjadi lebih mudah, lancar, dan menyenangkan.

Berikut beberapa strategi yang sebagian besar saya dapatkan dari pengalaman sehari-hari:
1. Mulailah dengan senyuman
Indonesia adalah bangsa dengan kultur toleran dengan pembawaan ramah. Sehingga hampir mustahil senyum anda tidak dibalas oleh mereka. Senyuman juga membuat anda terkesan ramah, terbuka, dan rendah hati. Ingat! Kesan pertama begitu menentukan citra (image) anda ke depan.

2. Jadilah pendengar yang baik
Seseorang akan merasa sangat senang dan merasa dihargai ketika ada orang lain yang mendengarkan bahkan merespon positif pembicaraanya. Lebih banyaklah bertanya dan biarkan mereka bercerita. Selain mendengarkan, anda juga harus meresponnya dengan positif. Lebih bagus lagi jika anda mampu menambahkan informasi dan terlihat ‘nyambung’ dengan mereka. Hargailah mereka, maka mereka akan menghargaimu!

3. Carilah Masalah
Tunggu dulu! Cari masalah yang saya maksud di sini, bukanlah menciptakan masalah. Tetapi, mencari masalah untuk memberikan solusinya. Anda harus peka. Saat ada yang terlihat punya masalah dan butuh bantuan, tanyakanlah kondisi mereka dan tawarkanlah bantuan anda. Di sini anda juga bisa menciptkan citra (image) sebagai ahli di bidang tertentu. Sehingga saat ada masalah di bidang tersebut, maka andalah yang ada di pikiran mereka.

4. Amati dan Kenalilah
Seseorang akan sangat senang dan merasa dihargai ketika ia dimengerti. Setiap orang punya banyak sifat dan karakter. Tugas anda adalah untuk memahami dan mengenali mereka. Sehingga anda menjadi tahu, apa yang harus anda lakukan terhadap mereka. Jika yang anda lakukan tepat, mereka akan merasa anda mengerti mereka. Pahamilah mereka, maka mereka akan memahimu!

Udah ah, empat ajah. Sebenernya sih bisa lebih dari ini. Tapi, entar jadi kepanjangan dan bertele-tele lagih. Intinya, kita harus bisa masuk ke hati mereka dengan sikap-sikap positif kita dan kita harus punya citra (image) yang kental dan sesuai dengan inti kompetensi kita yang sebenarnya. Jadi, yang mereka tahu tentang kita harus sama seperti yang kita ingin orang tahu tentang kita!


0 Response to "Strategi Beradaptasi dengan Lingkungan Baru"

Post a Comment