Tidur Nyenyak Banyak Manfaat

Bagaimana posisi tidur yang paling enak Anda rasakan?telungkup, telentang, miring ke kiri atau miring ke kanan? Jangan menyepelekan posisi tidur Anda, karena posisi tidur sangat menentukan banyaknya manfaat yang kita dapatkan dari tidur. Aturlah posisi tidur agar mendapat banyak manfaat darinya. Secara umum kita semua tau manfaat tidur yaitu mengistirahatkan seluruh organ tubuh kita yang bekerja seharian.Nah pada kesempatan ini akan saya bahas manfaat tidur dengan posisi miring ke kanan.
Merujuk pada hadis Rasulullah, tidur miring ke kanan sangat di anjurkan:
Dari al Barra' bin Azib, Rasulullah pernah bersabda,"apabila engkau hendak tidur maka berwudhulah seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas tubuhmu yang kanan."
"Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu."(HR.Al Bukhari no.247 dan Muslim no 2710)

Mengapa musti miring ke kanan? Di balik anjuran Rasulullah untuk tidur miring ke kanan ternyata ada berbagai manfaat, bukan sekadar menjalankan sunnah. Secara anatomis dan fisiologis manfaat tidur miring ke kanan yaitu;
  1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri. Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua, bagian kanan dan kiri. Otak bagian kanan mensyarafi organ tubuh bagian kanan dan sebaliknya. Dengan tidur miring ke kanan maka otak bagian kiri yang mensyarafi tubuh bagian kanan terhindar dari bahaya akibat sirkulasi yang melambat saat tidur, yang berupa pengendapan bekuan darah, lemak, asam sisa oksida dan penyempitan pembuluh darah.
  2. Mengurangi beban Jantung. Posisi tidur miring ke kanan memungkinkan darah terdistribusi merata dan terkonsentrasi di sebelah kanan bawah. Dampak posisi ini adalah denyut jantung lebih lambat, tekanan darah akan menurun, ini meingkatkan kualitas tidur
  3. Mengistirahatkan lambung. Jika orang tidur miring ke kiri, proses pengeluaran makanan yang dicerna lambung akan terganggu dan menghambat proses pengosongan lambung dan akhirnya meningkatkan akumulasi asam dan menyebabkan erosi dinding lambung.
  4. Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas. Aliran makan yang dicerna lambung yang lancar menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat, dan akan mencegah pembentukan batu kandung empedu.
  5. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi. Saat tidur pergerakan usus meningkat. Dengan miring ke kanan maka perjalanan makanan yang telah tercerna dan siap diserap akan menjadi lebih lama, karena posisi usus halus sampai susu besar ada di bagian bawah. Waktu pejalanan yang lebih lama memungkinkan penyerapan gizi lebih optimal.
  6. Merangsang buang air besar(BAB). Dengan tidur miring ke kanan proses pengisian usus besar sigmoid (sebelum anus) akan lebih cepat penuh. Jika sudah penuh akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah buang air besar.
  7. Mengistirahatkan kaki kiri. Kaki kiri biasanya cenderung lebih merasa pegal dari pada kaki kanan. Dengan tidur miring ke kanan pengosongan vena kaki kiri akan lebih cepat sehingga rasa pegal lebih cepat hilang.
  8. Menjaga kesehatan paru-paru. Paru-paru kiri lebih kecil dibanding paru-paru kanan, jika tidur miring ke kiri jantung akan menimpa paru-paru kiri yang lebih kecil ukurannya, ini tidak tidak baik.
  9. Menjaga saluran pernafasan. Tidur miring dapat mencegah turunnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran pernafasan. Tidur telentang mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah, yang juga dapat menyebabkan tiduk mendengkur dan kekurangan oksigen di otak serta bisa mengakibatkan pusing waktu bangun. Nah gimana apakah masih mau tidur telungkup, telentang atau miring ke kiri? Tidurlah dengan banyak manfaat dan berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat.

1 Response to "Tidur Nyenyak Banyak Manfaat"

  1. terimakasih informasinya.info kesehatan klik
    http://herbalifesidoarjo11.blogspot.com/
    http://herbalifemojokerto11.blogspot.com/
    http://herbalifemurahsurabaya.blogspot.com/
    http://herbalifejogjakarta11.blogspot.com/
    http://herbalifeyogyakarta11.blogspot.com/

    ReplyDelete