Menulis dan Mempublikasikan Artikel Blog

Menulis dan mempublikasikan artikel blog merupakan kegiatan pokok seorang blogger dalam mengurusi blognya, kegiatan ini sering juga disebut dengan posting. Karena merupakan kegiatan pokok maka sobat blogger hendaknya memiliki kemampuan dasar menulis dan mempublikasikan artikel. Bagi yang sudah lama malang melintang di dunia blogging dan teman-teman yang biasa menulis, tentu tidak akan menghadapi masalah, tetapi bagi blogger pemula yang masih minim pengalaman, tentu ini bisa menjadi kendala pada saat awal menggeluti dunia blogging. Nah bagi sobat blogger pemula kali ini saya akan sharing seputar menulis artikel blog mudah-mudahan bisa membantu Anda.

Langkah-langkah teknis menuliskan artikel;

1. Masuklah ke blogger, tulis akun anda, email dan sandi (password) lalu klik tombol masuk
2. Setelah di dasbor, klik tobol Entry Baru, tampak gambar seperti ini;


3. Akan terbuka halaman tempat dimana Anda dapat menuliskan artikel. Tulislah judul artikel terlebih dulu lalu tulis artikelnya di kotak bawah. Pada saat menulis artikel anda bisa mengatur/mengunakan berbagai tool yang berada di atas kotak artikel, misalnya membuat tulisan tebal, miring, berwarna, mengganti font, merubah ukuran huruf, membuat link, memuat gambar dll. Berikut ini gambar halaman artikel/posting. Untuk memasang gambar pada halaman artikel/posting, Anda bisa baca di sini


4. Setelah selesai menuliskan artikel dan sebelum diterbitkan ada baiknya Anda lihat print previewnya atau tampilannya, caranya klik Pratinjau.


5. Setelah Anda merasa cocok dengan tampilan artikel maka publikasikan artikel anda agar dapat dibaca oleh pengunjung nantinya. Caranya klik tombol Terbitkan Entri.


6. Selanjutnya Anda bisa melihat artikel anda dengan cara klik lihat entri atau lihat blog. Jika ternyata ada tulisan anda yang salah ketik atau ada yang kurang Anda jangan khawatir, karena masih bisa di edit. Untuk cara mengedit artikel Anda bisa baca selengkapnya di sini.

Tips Menulis artikel

1. Tuliskan artikel sesuai dengan hoby atau pengalaman yang pernah anda rasakan/lakukan atau informasi yang anda ketahui, sehingga anda benar-benar paham dengan apa yang anda tulis. Anda bebas menulis apa saja yang penting tidak mengandung unsur kekerasan, pornografi atau menyebarkan kebencian dan sara.
2. Rajinlah membaca atau mencari informasi agar anda selalu memiliki ide untuk menulis artikel sesuai dengan gaya, kreatifitas dan kemampuan anda
3. Jika anda suatu saat kehabisan ide dan anda berminat menyalin artikel dari blog lain, maka buatlah link/tautan ke sumber aslinya. Hargailah penulis aslinya agar anda tidak dicap sebagai blogger copas.
4. Rajinlah berkunjung ke blog/website lain (blog walking) agar anda mendapat pencerahan, ide dan motivasi untuk mengupdate artikel
5. Jadikan menulis artikel sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan, agar anda tidak merasa terbebani.
6. Jangan takut apa yang anda tulis itu salah, jika memang salah nanti bisa diedit lagi bahkan jika fatal, artikel dihapus habis pun bisa.
7. Jangan merasa alergi jika ada teman blogger atau pengunjung yang memberi kritik atau saran di kolom komentar. Jadikan itu sebagai penyemangat untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Nah itu dulu ya sobat, ada yang mau menambah tipsnya, silahkan.
Selamat mengupdate blognya



0 Response to "Menulis dan Mempublikasikan Artikel Blog"

Post a Comment