Psikologi Pendidikan: Makna Belajar
Belajar merupakan proses serta upaya sadar untuk mencari pengetahuan dan kemempuan dimana pengetahuan dan kemampuan yang diperoleh tersebutakan bersifat permanen kecuali jika ada masalah secara fisik bagi yang memiliki kemampuan tersebut, misalkan saja orang yang pandae bermain bulu tangkismendadak tidak sepandae dulu karena tangannya mengalami cidera dll.
Berhasil dan tidaknya dalam belajar sangat dipengaruhi oleh dua factor yaitu yaitu factor internal, seperti kondisi fisik, kondisi psikologis, tingkat intelegensi,,kemauan dll yang keduas adalah factor elsternal yang meliputi: kondisi keluarga, kondisi sekolah, lingkungan masyarakat, serta masih banyak lagi faktoe eksternal lainnya.
Hal lain yang menunjang kesuksesan belajar adalah motivasi atau dorongan, misalnya anak akan lebih seemangat belajar karena adanya hadiah atau takut dihukum, juga ada yang belajar karena adanya tugas dll. Namun motivasi yang paling kuat adalah jika keinginan belajar tumbuh dari keinginanya sendiri.embelajaran merupakan upaya-upaya yang harus dilakukan oleh seo0rang pendidik agar sisiwa dapat dan mau melakukan kegiatan belajar. Dalam pembelajaran guru harus mentransfer ,ilmunya kepada anak didiknya dan mampu mengajarkannya secara efektif dan efisiensehingga akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh siswa.
Untuk mengoptimalkan hasil belajar guru harus menguasai berbagae metode-metode pembelajaran yang dapat diterima oleh siswa, seperti ceramah, latihan, Tanya jawab, tugas, diskusi karyawisata, penelitian, metode permainan dll.
Guru sebagai pengajar dan penjdidik tentu harus mempunyai berbagae kompetensi sebagai bekal mengajar dan mendidik baik kompetensi kognitif (ilmu pengetahuan), afektif (sikap) maupun psikomotor (kecakapan jasmaniah).

0 komentar:

Poskan Komentar