Tips Aman Menggunakan Internet

Tips Aman Menggunakan Internet- Pengguna internet di Indonesia sekarang ini terus meningkat. Berdasarkan informasi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika yang dihimpun  detikinet jumlah pengguna internet di Indonesia sampai tahun 2010 mencapai 45 juta orang dengan akses ponsel dan komputer. Pengunaan Internet dewasa ini untuk berbagai keperluan. ada yang sekedar untuk area chating, beriteraksi dalam sosial network seperti facebook-an, twitter-an dan ada yang sekedar berselancar tanpa tujuan jelas. Namun sekarang ini internet juga semakin banyak digunakan untuk pencarian informasi bahkan bisnis internet pun makin menggeliat di Indonesia. Ini merupakan perkembangan yang menggembirakan, karena internet digunakan untuk kegiatan positif dan produktif.
Internet dapat diibaratkan sebuah kota, dengan beragam motivasi dan kegiatan para penggunanya, ada yang baik tapi tidak sedikit pula yang jahat. Untuk itu saat kita menggunakan kecanggihan teknologi siap saji ini kita hendaknya berhati-hati agar dapat terhindar dari jebakan dan kejahatan yang sengaja dilakukan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ketidak pahaman melindungi diri para pengguna internet mengakibtkan berbagai hal yang kontraproduktif. Niat mencari informasi terkait dengan tugas, pekerjaan, bisnis, tekologi, agama yang sangat positif bisa-2 malah terjebak pada informasi atau gambar yang negatif. Karena memang di internet semua informasi dan gambar tersedia bebas dan mudah diakses, cukup tulis kata di google dan enter maka akan muncul banyak informasi.
Banyak penguna internet tanpa menyadari ternyata komputernya telah menjadi sarang virus. Belum lagi jebakan para hecker yang sengaja membuat pishing dengan menggunakan cara dan bahasa yang sangat profesional. Oleh karena itu selayaknya anda para penguna internet selalu waspada pada saat di internet.

Tips berikut ini mungkin berguna bagi para pengguna internet;

1. Pasang / install program antivirus di komputer anda dan usahakan selalu update
2. Aktifkan fitur firewall ( dinding pengaman ) di komputer anda
3. Jangan membuka email yang tidak jelas sumbernya, masukkan ke spam atau hapus saja email tersebut
4. Gunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol saat membuat password agar sulit ditebak. Jangan menggunakan tgl lahir, nama anggota keluarga dan hal lain pada akun pendaftaran.
5. Jangan menggunakan password yang sama pada semua akun anda di internet
6. Untuk orang tua sebaiknya sering-sering memeriksa anaknya ketika mengunakan komputer/internet
7. Jangan meletakkan komputer di kamar anak, agar orang tua mudah mengontrol/mengawasi.
Nah dengan tips ringan tersebut semoga dapat meminimalisir dampak negatif saat menggunakan internet.

1 Response to "Tips Aman Menggunakan Internet"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete