DISKUSI KELOMPOK


A. PENGERTIAN
Cara belajar siswa aktif berperan dalam strategi belajar mengajar, indicator terhadap tinggi rendahnya kadar CBSA dalam kegiatan belajar mengajar ialah:
1.          Prakarsa siswa secara spontan dalam mengemukakan pendapat secara berani dalam kegiatan belajar mengajar
2.          Keterikatan siswa pada tugas (on the task) sebagai lawan dari off the task (kecenderungan menghindari tugas)
3.          Belajar dari pengalaman langsung (experiental learning)
4.          Kefasilitatoran guru dalam proses belajar mengajar
5.          Variasi bentuk dan alat kegiatan belajar mengajar
6.          Kualitas interaksi antarsiswa, baik secara intelektual maupun secara social emosional.
Dilihat dari indicator yang terakhir ini, maka diskusikelompok merupakan pilihan yang tepat pada strategi belajar mengajar. Di dalam diskusi kelompok siswa belajar menghargai pendapat orang lain, bersikap terbuka, mengaktualisasikan diri, percaya diri, dan sebagainya.

Diskusi
a)      Membandingkan pendapat kelompk
b)      Diskusi kelas
c)       Mengarah kan

Metode pengambilan keputusan:
a.       Disetujui semua kelompok
b.      Suara terbanyak
c.       Kelompok minoritas
d.      Otoritas, dan
e.      Pendapat rata-rata

 Partisipasi
Tindak lanjut Mencatat dan sumbang merumuskan pendapat keputusan

B. CIRI-CIRI KELOMPOK
Kelompok yang dimaksud dalam strategi belajar mengajar ini adalah dynamic group (kelompok dinamik) yang mempunyai lima ciri pokok sebagai berikut:
1. Interaksi. Anggota-anggota kelompok terikat pada pokok pembicaraan tertentu. Diskusi dalam kelompok berjalan lancar dan bermutu jika ditunjang dengan sumber-sumber informasi seperti buku, surat kabar, rekaa atau nara sumber
2. Tujuan. Suatu kelompok diskusi mempunyai tujuan bersama yang jelas
3. Kepemimpinan. Tingkah laku yang tampak dalam fungsi kepemimpinan itu ialah:
a.             Prakarsa insentif), mengemukakan pendapat tentang apa yang perlu dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya di dalam kelompok
b.            Menyumbangkan informasi, memberi informasi yang relevan guna membantu kelompok menyelesaikan masalah
c.             Pendapat, yaitu memberi pendapat tentang sesuatu yang dibicarakan atau yang dikerjakan
d.            Klarifikasi, memperjelas dan mempertegas kembali pendapat anggota lain sehingga setiap anggota memahami dengan jelas
e.            Kontrol, meyakinkan bahwa pekerjaan telah terlaksana sebagaimana mestinya pada tahaptahap tertentu
f.              Standar, mengemukakan tolok ukur atau patokan untuk mengidentifikasikan kualitas dari urunan pendapat dan partisipasi anggota
g.             Harmonisasi, mengurangi ketegangan atau konflik yang muncul dalam kelompok
h.            Perangkuman, yaitu meninjau ulang dan menyimpulkan apa yang telah dilakukan
i.               Regulasi, menjaga adanya giliran berbicara yang telah merata di antara anggota kelompok.
4. Norma. Setiap anggota kelompok terikat pada norma-norma tertentu, ketaatan pada normanorma akan membuat kelompok lebih kohesif dan efisien.
5. Emosi. Untuk membina perasaan-perasaan positif setiap anggota harus mengakui kehadiran sesamanya.

C. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELOMPOK
Dari pemahaman cirri-ciri kelompok di atas ada beberapa factor yang mempengaruhi kelompok, antara lain:
1.       Anggota yang sok tahu yang selalu tidak setuju dan tidak menyetujui pendapat orang lain dan suka memerintah
2.       Anggota yang suka bicara terlalu banyak sehingga anggota lain bersifat pasif dan hanya berfungsi sebagai pendengar
3.       Kepopuleran anggota. Anggota yang popular paling sedikit dikalangan anggota kelompok yang menjadi favorit anggota kelompok
4.       Status social anggota. Perlu dikembangkan sikap saling menghargai dan saling mempercayai
5.       Perasaan Ragu. Interaksi antar anggota dapat terhambat jika ada anggota yang ragu mengemukakan pendapatnya karena terlalu memperhitungkan reaksi orang lain terhadap apa yang akan dikemukakannya.
6.       Merasa rendah diri. Sehingga mudah tersinggung jika dikritik
7.       Anggota yang selalu siap membantu baik dalam memberikan informasi, saran atau tenaga yang diperlukan
8.       Besarnya kelompok. Interaksi dalam kelompok dipengaruhi juga oleh banyaknya anggota dalam kelompok.

D. DISKUSI KELOMPOK DALAM PBM
Menurut Joyce Cs, tujuan-tujuan pengajaran yang dapat dicapai melalui diskusi kelompok, digambarkan sebagai berikut:
·         Penghargaan terhadap martabat manusia dan komitmen terhadap kemajemukan Pandangan yang konstruktif terhadap pengetahuan Kebebasan sebagai siswa
·         Komitmen terhadap inkuiri sosial
·         Kedisiplinan berinkuiri
·         Kefektifan memproses dan memimpin kelompok
·         Afiliasi kehangatan hubungan antar pribadi

Diskusi Kelompok
  1. Tahapan Instruksional
  2. Tujuan Ingin (nutrunant)
Untuk mengoptimalkan ketercapaian tujuan-tujuan tersebut, scenario kegiatan belajar mengajar dapat disusun sebagai berikut:
  1. Tujuan pengjaran.
  2. Metode diskusi kelompok kecil
  3. Kegiatan Siswa Syntax (Aliran Kegiatan)
  4. Kegiatan Guru
  5. Catatan

1 Response to "DISKUSI KELOMPOK"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete