A. Pengertian pendidikan
Pendidikan sebagai usaha membina   dan mengembangkan  pribadi manusia dari aspek-aspek rohaniah dan   jasmania juga harus berlangsung secara bertahap. Oleh karena kematangan   yang bertitik akhir pada optimalisasi perkembangan dan pertumbuhan   melalui proses demi proses kearah tujuan akhir dari perkembangan   tersebut.
Beberapa ahli pendidikan barat yang memberikan arti pendidikan adalah :
- Mortimer J. Adle mengartikan : Pendidikan adalah proses dimana semua kemampuan manusia (bakat dan kemampuan yang diperolah) yang dapat mempengaruhi pembiasaan, disempurnakan dengan pembiasaan–pembiasaan yang baik melalui sarana yang secara artistik untuk mencapai tujuan.
- Herman H. Horne berpendapat : Pendidikan harus dipandang sebagai suatu proses penyesuaian diri manusia secara timbal balik dan berinteraksi dengan alam sekitar, dengan sesama manusia.
- William Mc Gucken, SJ. Seorang tokoh pendidikan katolik berpendapat, bahwa pendidikan diartikan oleh ahli scholastic, sebagai suatu perkembangan dan kelengkapan dari kemapuan manusia baik moral, intelektual, maupun jasmaniah yang diorganisasikan, dengan atau untuk kepentingan individu atau social untuk mencapai tujuan akhir.
Bila definisi yang telah disebut   diatas dikaitkan dengan pendidikan Islam,akan kita ketahui bahwa   pendidikan Islam lebih menekankan pada keseimbangan dan keserasian   perkembangn hidup manusia.
Pendidikan Islam menurut Prof. Dr. Omar Muhammad Al-Toumy Al- Syaebani, diartikan sebagai usaha mengubah tingkah laku individu dalam hidup pribadinya atau hidup kemasyarakatannya dan kehidupan dalam alam sekitar melalui proses kependidikan.
Pendidikan Islam menurut Prof. Dr. Omar Muhammad Al-Toumy Al- Syaebani, diartikan sebagai usaha mengubah tingkah laku individu dalam hidup pribadinya atau hidup kemasyarakatannya dan kehidupan dalam alam sekitar melalui proses kependidikan.
B. Tugas dan fungsi Pendidikan Islam
Pada hakikatnya, pendidikan   adalah proses yang berlangsung secara kontiniu dan berkesinambuangan.   Berdasarkan hal ini, maka tugas dan fungsi yang perlu di emban oleh   Pendidikan Islam pendidikan manusia seutuhnya dan berlangsung sepanjang   hayat. Konsep ini bermakna bahwa tugas dan fungsi pendidikan memiliki   sasaran pada peserta didik yang senantiasa tumbuh dan berkembang secara   dinamis mulai dari kandungan hingga akhir hayat.
Secara umum tugas pendidikan   Islam adalah membimbing dan mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan   peserta didik dari tahap ke tahap kehidupannya sampai mencapai titik   kemampuan optimal. Secara structural, pendidikan Islam menuntut adanya   struktur organisasi yang mengatur jalannya proses pendidikan, baik dalam   dimensi vertical maupun horizontal. Sementara secara institusional, ia   mengandung implikasi bahwa proses pendidikan yang berjalan hendaknya   dapat memenuhi kebutuhan dan mengikuti perkembangan zaman yang terus   berkembang.
Bila dilihat secara operasional, fungsi pendidikan dapat dilihat dari dua bentuk, yaitu :
- Alat untuk memelihara, memperluas, dan menghubungkan tingkat kebudayaan, nilai-nilai tradisi dan sosial,serata ide-ide masyarakat dan nasional.
- Alat untuk mengadakan perubahan, inovasi dan perkembangan. Pada garis besarnya, upaya ini dilakukan melalui potensi ilmu pengetahuan dan skill yang dimiliki, serta melatih tenaga manusia (peserta didik) yang produktif dalam menemukan perimbangan perubahan sosialekonomi yang demikian dinamis.
C. Dasar dan tujuan pendidikan Islam 
Sebagai aktivitas yang bergerak   dalam proses pembinaan kepribadian muslim, maka pendidikan Islam   memerlukan asas atau dasar yang dijadikan landasan kerja. Dengan dasar   ini akan memeberikan arah bagi pelaksanaan pendidikan yang telah   diprogramkan. Dalam konteks ini, dasar yang menjadi acuan pendidikan   Islam hendaknya merupakan sumber nilai kebenaran dan kekuatan yang   menghantarkan peserta didik kearah pencapaian pendidikan. Oleh karena   itu, dasar yang terpenting dari pendidikan Islam adalah Al-Qur’an dan   hadist (Sunnah Rasulullah).
Dalam pendidikan Islam, Sunah Rasul mempunyai dua fungsi, yaitu :
- Menjelaskan system pendidikan Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an dan menjelaskan hal-hal yang tidak terdapat didalamnya.
- Menyimpulkan metode pendidikan dari kehidupan Rasullullah bersama sahabat.
Secara lebih luas, dasar   pendidikan Islam menurut Sa’Id Ismail Ali sebagaimana dikutip langgulung   terdiri dari 6 macam, yaitu; Al-Qur’an, sunnah,qaul al-shahabat,  masail  al mursalah.’urf, dan pemikiran hasil ijtihad intelektual Islam.
Dalam perumusan tujuan pendidikan Islam, paling tidak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
- Tujuan dan tugas manusia di muka bumi, baik secara vertical maupun horizontal.
- Sifat-sifat dasar manusia.
- Tuntutan masyarakat dan dinamika peradaban kemanusiaan.
- Dimensi-dimensi kehidupan ideal Islam.
Dalam aspek ini,ada 3 macam dimensi ideal Islam, yaitu ;
- Mengandung nilai yang berupaya meningkatkan kesejahteraan hidup manusia dibumi.
- Mengandung nilai yang mendorong manusia berusaha keras untuk meraih kehidupan yang baik.
- Mengandung nilai yang dapat memadukan antara kepentingan kehidupan dunia dan akhirat.
Faktor – faktor pendidikan :
Menurut Imam Sutari bahwa   perbuatan mendidik dan didik memuat faktor – faktor tertentu yang   mempengaruhi dan menentukan, beberapa diantara nya adalah  :
- Tujuan pendidikan yang hendak dicapai
- Adanya subjek manusia (pendidik dan anak didik yang melakukan pendidikan)
- Hidup bersama dalam lingkungan tertentu
- Yang memungkinkan alat – alat tertentu untuk mencapai suatu tujuan pendidikan.
Hakekat Pendidikan Islam
Dari seluruh uraian diatas   tentang pendidikan maka hakekat pendidikan Islam sebenarnya adalah semua   yang ada pada diri manusia tidak terlepas dari pendidikan khususnya   pendidikan Islam yang menjadi landasan yang mendasar dan menjadi acuan   bagi manusia untuk memulai pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan   yang diharapkan.
Analisa
Melihat dari beberapa pendapat   yang mengartikan pendidikan dengan berbagai pengertian dan dari beberapa   tokoh, maka dapat dianalisa bahwa pendidikan menurut penulis adalah;   Perkembangan dari segala unsur yang dimiliki oleh manusia baik dari segi   jasmaniah, rohaniah, intelektualnya dan bagaimana individu dapat   berinteraksi dengan lingkungannya serta dapat mencapai tujuan pendidikan   yang sebenarnya dan melalui proses kependidikan sebagai suatu  aktivitas  dalam masyarakat.
 
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..
ReplyDelete