Materi statistika smt.4


Menentukan banyak kelas interval

K = 1 + (3,3 log n)

Menentukan panjang kelas interval, disingkat p, dengan rumus:

p = range/kelas

Tabel Distribusi Frekuensi Relatif dan Kumulatif

Dalam tabel di atas frekuensi dinyatakan dengan banyak data yang terdapat dalam tiap kelas. Jadi dalam bentuk absolute. Jika frekuensi dinyatakan dalam bentuk persen, maka diperoleh tabel distribusi frekuensi relative. Tentu saja, absolute dan relative dapat disajikan dalam sebuah tabel. Skor Kemampuan Membaca Pemahaman dalam tabel di atas dapat kita sajikan ke dalam tabel sebagai berikut.

Tabel Frekuensi Relatif Skor Kemampuan Membaca Pemahaman

No.

Kelas interval

Frekuensi Absolut

Frekuensi Relatif (%)

1

2

3

4

5

6

7

15-22

23-30

31-38

39-46

47-54

55-62

63-70

3

7

9

13

8

7

3

6,0

14,0

18,0

26,0

14,5

14,0

6,0



50

100,00

Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif “Kurang Dari”

No.

Skor Kemampuan Membaca

Frekuensi Kumulatif

Frekuensi

Kum (%)

1

2

3

4

5

6

7

8

Kurang dari 15

Kurang dari 23

Kurang dari 31

Kurang dari 39

Kurang dari 47

Kurang dari 55

Kurang dari 63

Kurang dari 71

0

3

10

19

32

40

47

50

0

6,0

20,0

38,0

64,0

80,0

94,0

100,0

Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif ”Atau Lebih”

No.

Skor Kemampuan Membaca

Frekuensi Kumulatif

Frekuensi

Kum (%)

1

2

3

4

5

6

7

0

15 atau lebih

23 atau lebih

31 atau lebih

39 atau lebih

47 atau lebih

55 atau lebih

63 atau lebih

71 atau lebih

50

47

40

31

18

10

3

0

100,0

94,0

80,0

62,0

36,0

20,0

6,0

0,0



batas kelas bawah = Batas bawah kelas-0,5
batas atas kelas =Batas atas kelas + 0,5




download materi statistika full

DOWNLOAD MATERINYA DISINI


0 Response to "Materi statistika smt.4"

Post a Comment