Menentukan banyak kelas interval
K = 1 + (3,3 log n)
Menentukan panjang kelas interval, disingkat p, dengan rumus:
Tabel Distribusi Frekuensi Relatif dan Kumulatif
Dalam tabel di atas frekuensi dinyatakan dengan banyak data yang terdapat dalam tiap kelas. Jadi dalam bentuk absolute. Jika frekuensi dinyatakan dalam bentuk persen, maka diperoleh tabel distribusi frekuensi relative. Tentu saja, absolute dan relative dapat disajikan dalam sebuah tabel. Skor Kemampuan Membaca Pemahaman dalam tabel di atas dapat kita sajikan ke dalam tabel sebagai berikut.
Tabel Frekuensi Relatif Skor Kemampuan Membaca Pemahaman
No. | Kelas interval | Frekuensi Absolut | Frekuensi Relatif (%) |
1 2 3 4 5 6 7 | 15-22 23-30 31-38 39-46 47-54 55-62 63-70 | 3 7 9 13 8 7 3 | 6,0 14,0 18,0 26,0 14,5 14,0 6,0 |
| | 50 | 100,00 |
Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif “Kurang Dari”
No. | Skor Kemampuan Membaca | Frekuensi Kumulatif | Frekuensi Kum (%) |
1 2 3 4 5 6 7 8 | Kurang dari 15 Kurang dari 23 Kurang dari 31 Kurang dari 39 Kurang dari 47 Kurang dari 55 Kurang dari 63 Kurang dari 71 | 0 3 10 19 32 40 47 50 | 0 6,0 20,0 38,0 64,0 80,0 94,0 100,0 |
Tabel Distribusi Frekuensi Kumulatif ”Atau Lebih”
No. | Skor Kemampuan Membaca | Frekuensi Kumulatif | Frekuensi Kum (%) |
1 2 3 4 5 6 7 0 | 15 atau lebih 23 atau lebih 31 atau lebih 39 atau lebih 47 atau lebih 55 atau lebih 63 atau lebih 71 atau lebih | 50 47 40 31 18 10 3 0 | 100,0 94,0 80,0 62,0 36,0 20,0 6,0 0,0 |
0 Response to "Materi statistika smt.4"
Post a Comment