Evaluasi Pembelajaran matematika


Evaluasi dalam pembelajaran matematika adalah suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan suatu tolak ukur untuk memperoleh suatu kesimpulan. Evaluasi yang bertujuan menghimpun informasi yang dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan , perkembangan, dan pencapaian belajar siswa. Juga mencakup kegiatan pengukuran dan penilaian.
Evaluasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika
1. Formatif
Evaluasi yang dilakukan setiap akhir pembahasan untuk pokok atau bahasan dan dimaksudkan untuk mengetahui sejauh manakah suatu proses pembelajaran telah berjalan sebagaimana yang telah direncanakan.
2. Sumatif
Evaluasi yang dilakukan tiap akhirsatu satuan waktuyang di dalam lebih tercakup dari satu pokok bahasandan untuk mengetahui sejauh mana pesertadidik telah berpindah dari satu unit ke unit yang lain.
3. Diagnostik
Evaluasi yang digunakan untuk mengetahui kelebihan – kelebihan dan kelemahan yang ada pada siswa sehingga dapat diperlakukan dengan tepat.


JENIS JENIS EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Jenis evaluasi pembelajaran dalam metematika ini ada 19 jenis evaluasi yang di letakkan berdasarkan kelompoknya masing – masing di bawah ini :
A. Jenis evaluasi berdasarkan tujuan dibedakan atas 5 jenis evaluasi :
1. Evaluasi Diagnostik
Evaluasi yang di tujukan untuk menelaah kelemahan – kelemahan siswa beserta faktor – faktor penyebabnya.
2. Evaluasi Selektif
Evaluasi yang digunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
3. Evaluasi Penempatan
Evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
4. Evaluasi Formatif
Evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar dan mengajar.
5. Evaluasi Sumatif
Evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan berkarya siswa.

B. Jenis evaluasi berdasarkan sasaran :

1. Evaluasi Konteks
Evaluasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun kebutuhan – kebutuhan yang muncul dalam perencanaan.
2. Evaluasi Input
Evaluasi yang diarahkan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun strategi yang di gunakan untuk mencapai tujuan.
3. Evaluasi Proses
Evaluasi yang ditujukan untuk melihat proses palaksanaan, baik mengenai kelancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan.
4. Evaluasi Hasil atau Produk
Evaluasi yang diarahkan untuk melihat proses hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan.
5. Evaluasi Outcom atau Lulusan
Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut yakni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat.

C. Jenis evaluasi berdasarkan lingkup kegiatan pembelajaran :
1. Evaluasi Program Penbelajaran
Evaluasi yang mencakup terhadap tujuan pembelajaran, isi progaram pembelajaran, strategi belajar mengajar, aspek – aspek program pembelajaran yang lain.
2. Evaluasi Proses Pembeljaran
Evaluasi yang mencajup berkesesuaian antara proses pembelajaran dengan garis besar program pembelajaran yang di tetapkan, kemampuan giru dalam melaksanakan proses pembelajaran, kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
3. Evaluasi Hasil Pembelajaran
Evaluasi yang mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang di tetapakan, baik umum maupun khusus, ditinjau dalam aspek kognitif, afektif, psikomotorik.
D. Jenis evaluasi berdasarkan objek dan subjek evaluasi
berdasarka objek :
1. Evaluasi Input
Evaluasi mencakup kemampuan kepribadian, sikap, keyakinan.
2. Evaluasi Transformasi
Evaluasi terhadap unsur – unsur transformasi proses pembelajaran antara lain materi, media, metode.
3. Evaluasi Output
Evaluasi terhadap lulusan yang mengacu pada ketercapaian hasil pembelajaran.
Berdasarkan subjek :
1. Evaluasi Internal
Evaluasi yang dilakukan oleh orang dalam sekolah sebagai evaluator, misalnya guru.
2. Evaluasi Eksternal
Evaluasi yang dilakukan oleh orang luar sekolah sebagai evaluator, misal orangtua, masyarakat.

1 Response to "Evaluasi Pembelajaran matematika"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete