Memilih Sepatu Untuk Pertumbuhan Kaki

Kerangka kaki anak yang masih berkembang mengikuti pertumbuhkan umur dan aktivitas, membutuhkan alas kaki yang tepat. Jelas berbeda dengan kebutuhata orang dewasa yang struktur kakinya sudah terbentuk.

Kaki manusia dewasa terdiri dari 26 tulang yang bekerjasama menggerakkan kaki hingga bisa beradaptasi bahkan terhadap permukaan jalan yang tidak rata. Tulang-tulang itu juga bertindak sebagai peredam getar pada setiap langkahnya.

Pembentukan tulang kaki sebagai proses yang rumit dan memerlukan waktu yang lama. Pada bayi yang baru lahir, kaki terdiri dari tulang lunak yang sangat lembut.

Tulang lunak perlahan akan berubah menjadi tulang yang sebenarnya sejalan dengan pertambahan usia anak. Tulang yang keras dan sempurna pada kaki baru benar-benar terbentuk sekitar usia 18 tahun.

Menurut Children’s Foot Health Register, sekitar 70% gangguan pada kaki disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak tepat atau ukuran sepatu yang tidak akurat di masa anak-anak.

Padahal gangguan pada kaki tidak dapat dipandang sebelah mata. Seperti sebuah rumah, kaki adalah pondasi dari keseluruhan tubuh. Kelainan pada pertumbuhan dan bentuk kaki juga dapat berdampak buruk pada tubuh yaitu antara lain postur dan cara berjalan anak yang bisa terus terbawa hingga dewasa.

Kaki anak memiliki tulang yang masih lembut dan sensitif. Selain itu, kaki anak juga sangat cepat pertumbuhannya. Para ahli medis spesialis kaki (podiatrist) sangat menganjurkan para orangtua untuk memastikan ukuran sepatu anak pada saat membeli, baik ukuran panjang maupun lebarnya. Pada usia balita, idealnya pengecekan ukuran sepatu dilakukan setiap enam sampai delapan minggu.

Podiatrist dari Glasgow Caledonian University Gordon Watt mengatakan, orangtua masih banyak yang kurang mewaspadai masalah yang berhubungan dengan perkembangan kaki.

“Kewaspadaan terhadap masalah yang dapat diakibatkan oleh terhambatnya perkembangan kaki anak, seharusnya dapat mendapatkan konsultasi dari podiatrist untuk meningkatkan kesehatan kaki anak,” ujar Watt.

Oleh karena itu, diperlukan sepatu yang tepat untuk dapat mendukung perkembangan kaki anak. Saat anak mulai dapat berjalan, sebaiknya mulai dibiasakan mengenakan sepatu. Selain berguna untuk membentuk kaki yang ideal dan normal, juga agar anak dapat langsung belajar mengatur jatuhnya titik berat tubuh pada posisi yang benar.

"Manfaat sepatu juga untuk menjaga pertumbuhan serta rotasi tulang tungkai. Lebih baik jika anak mulai mengenakan sepatu sejak usia 1,5-7 tahun,” terangnya.

Ukuran sepatu anak akan mengalami perubahan bisa sampai 34 kali. Hingga anak menjelang umur 10 tahun. Setelah itu, perlu menunggu sampai usia 18 tahun, agar berkembang sepenuhnya menjadi kaki dewasa. Mulai umur 18 tahun, ukuran sepatu anak mulai sedikit sekali mengalami perubahan.
           
Faktor penting yang harus dimiliki sepatu anak antara lain kemampuan mendukung struktur kaki anak yang sangat beragam, sol yang lunak tapi aman, bantalan atau cushion yang empuk tapi tidak licin, serta ruang kaki dimana ujung jari kaki dapat bebas. (feetforlife.org/ri)

 Sumber : Republika.co.id

0 Response to "Memilih Sepatu Untuk Pertumbuhan Kaki"

Post a Comment